Bidang studi matematika merupakan mata pelajaran yang menjadi momok bagi para siswa. Entah siapa yang memberikan kesan dan memulai bahwa mata pelajaran matematika itu sulit dan membosankan, sehingga melekat pada diri mereka bahkan menjadi pola pikir atau mendset yang melekat pada diri mereka. Jika guru tidak memiliki pengetahuan yang cukup terhadap suatu mata pelajaran, maka dia akan kesulitan untuk mengajar orang lain agar memahaminya. Kebanyakan alasannya adalah pola pikir yang terlanjur keliru mengenai matematika, maka dari itu ada baiknya untuk mengubah pola pikir peserta didik dari yang semula menilai matematika sebagai pelajaran membosankan, rumit dan tidak relevan menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan disukai. Banyak peserta didik tidak menyukai matematika karena kesulitan untuk menghafal banyak rumus dan persamaan yang ada. Tujuannya bukan untuk mendapatkan jawaban benar atau salah, melainkan untuk mengenai sejauh mana pemahaman matematika peserta didik. Dalam kondisi di mana hubungan guru dan murid tidak harmonis, maka transformasi ilmu menjadi lebih sulit untuk dilakukan.
Dengan fitur dan tampilan baru, CoLearn siap bantu siswa SMA dan SMP di Indonesia untuk belajar konsep Matematika. Apakah bimbel online di CoLearn bisa dicicil? Apakah aplikasi CoLearn itu aman? Hari itu truk tersebut? Dalam penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa orang yang mempelajari matematika memiliki volume gray matter yang lebih banyak sehingga mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan. Sampai aku menunggu ada seorang guru yang bersifat terbuka untuk menerima permohonan dan saran dari muridnya. Coba sekali kali ajak anak anak belajar matematika diluar ruangan atau di alam terbuka. Belajar diluar ruangan pastinya akan lebih seru dan menyenagkan. Ada banyak sekali alat penunjang yang bisa kita manfaatkan jika belajar diluar. Korelasikan matematika dengan dunia yang disenangi murid atau hobi mereka, seperti musik, olahraga dan seni. Obrolan mengenai matematika dapat membantu murid mempelajari pengetahuan baru dan membentuk cara berpikirnya. Dengan demikian, konsep pada matematika yang bersifat abstrak dapat dipahami oleh semua siswa dengan mudah dan lebih bermakna. Butuh semangat membara pantang “padam†dalam mempersiapkan materi dan menyesuaikannya dengan teknologi yang akan digunakan, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Adapun berdasarkan hasil penelitian yang didapat oleh (Mohammad Tohir, 2016a) menunjukkan bahwa untuk menjadikan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka guru harusm enerapkan sembilan hal yang dapat diterapkan pada kegiatan bertanya, yaitu (1) Mengenalkan suatufenomena menarik yang belum pernah dikenali oleh siswa sebelumnya, (2) Words in a question, (3) Guru memberikan contoh pertanyaan pancingan, (4) Guru membentuk kelompok belajar dalam kegiatan pengamatandan bertanya, (5) Guru dapat juga meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok untuk membuat beberapa pertanyaan, (6) Guru mendampingi masing-masing siswa untuk membuat pertanyaan, (7) Completing What ifor What if not questions, (8) Questioning Breakfast, dan (9) Questioning Appraisal (Mohammad Tohir, 2016b). Sedangkan menurut (As'ari, Tohir, Valentino, Imron, & Taufiq, 2017) mengatakan bahwa guru harus fokus pada materi yang akan didiskusikan dalam kelas, melalui pembelajaran HOTS yang bersumber dari kelompok diskusi siswa.
Teknologi terbukti dapat membantu guru mengajar matematika dengan lebih menarik dan menyenangkan. Masalah kedua yang diberikan guru adalah: Fida mempunyai dua kaus, dua kemeja, dan tiga celana, berapa banyak pasangan kaus, kemeja, dan celana yang dapat dipakai oleh Fida? Apabila Bunda menyadari Si Kecil memiliki kelemahan dalam satu pelajaran, baik matematika maupun pelajaran lainnya, Bunda juga bisa mengonsultasikan hal tersebut ke psikolog yang khusus menangani masalah tersebut. Khusus di sektor pendidikan, perubahan yang terlihat adalah pada pemanfaatan teknologi informasi dan komputer dalam kegiatan belajar mengajar.. Di sini kesempatan guru untuk memperbaiki atau memperkuat dasar-dasar matematika seorang anak dengan memberikan perhatian khusus. Oleh karena itu wahai guruku, maka dalam pelajaran matematika itu nanti berikan kami kesempatan untuk belajar bersama-sama dalam kelompok. Wahai guru, jika engkau renungkan, maka hakekat pendidikan itu adalah kegiatan jangka panjang. Belajar online adalah proses belajar di mana kamu bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar melalui aplikasi di HP atau laptop. Melibatkan murid dalam obrolan di mana mereka dapat menjelaskan cara mereka memecahkan soal. Menurut bacaan di internet dan menurut Pamanku, maka untuk dapat melayani siswa-siswamu yang beraneka ragam, maka engkau perlu mengembangkan RPP yang flesibel, perlu membuat LKS dan yang penting lagi adalah engkau sebagai guruku harus mempercayai bahwa jika diberi kesempatan maka muridmu ini mampu mempelajari matematika.
Setelah mengetahui sekian masalah yang menyebabkan peserta didik tidak menyukai matematika, solusi apa yang bisa ditawarkan guru selaku agen pembelajaran? Kumon orang tua dapat berkonsultasi belajar secara gratis, agar orang tua dapat mengetahui kemampuan belajar anak, karena setiap anak memiliki kemampuan masing-masing. Mari kita investigasi asal muasal penyebab Matematika dibenci siswa untuk mengetahui jawabannya. Matematika juga memberikan banyak manfaat bagi siswa sekolah. Menurut Andreas, dukungan ini sejalan dengan fokus Danamon pada ekosistem pendidikan, terutama dari segi literasi keuangan bagi anak, perencanaan pendidikan anak untuk para orang tua, dan digitalisasi sistem keuangan sekolah, yang diwujudkan melalui berbagai kerja sama strategis dengan mitra yang terkemuka dan berpengalaman dalam bidang pendidikan di Indonesia, termasuk Gramedia. Belajar menjadi terhibur, dan persepsi siswa terhadap matematika yang selama ini negatif karena dipandang rumit, jelimet, terlalu serius dan membosankan menjadi persepsi positif yakni matematika itu asyik, mudah, banyak manfaatnya, menghibur dan menyenangkan Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang didapat oleh (Abidin & Tohir, 2019) menunjukkan bahwa pemilihan strategi yang sesuai dalam konstruksi rumus,penjelasan uraian masalah, informasi penting termasuk penyelesaian kendala yang ditemukan. Tetapi menurutku, rasa senang itu tidaklah engkau berikan kepadaku, melainkan harus muncul dari dalam diriku sendiri.
Comments
Post a Comment